Review Kelebihan & Kekurangan Smartphone Android Lenovo S890

Minggu, Maret 30th 2014. | Android

Cerita bermula ketika HP Android saya yang 4.7 inci mati LCD-nya, tak ada niat untuk membawa ke konter untuk service HP rusak tersebut karena memang sudah agak jadul dan bosan pakai lagi setelah 2 tahun menemani. Maka dari itu, mau tak mau harus beli yang baru agar tetap bisa eksis di dunia maya dan tentu saja untuk mendukung aktifitas blogging sehari-hari.

Setelah Googling dan tanya-tanya kesana kemari, akhirnya pilihan jatuh ke Lenovo S890 sebagai pengganti Android sebelumnya yang pensiun. Bulan Februari 2014, saya beli Lenovo S890 di Globalteleshop Mal Cikampek dengan harga Rp. 2.550.000,-. Sebenarnya waktu itu bimbang antara Lenovo S890, Lenovo S920, dan Lenovo S820. Namun karena Lenovo S890 sudah menyertakan flipcover di dalam dus nya maka terpilih lah Lenovo S890. Flipcover original Lenovo S890 selain sebagai pelindung layar dari goresan juga memiliki fitur auto sleep ketika di tutup dan auto on ketika di buka.

lenovo-s890

Desain Lenovo S890

Elegan, itulah kesan pertama yang tersirat dalam benak saya ketika menyaksikan Lenovo S890 dikeluarkan dari dus. Apalagi ditambah flipcover yang auto on/off, makin tampil bak high end smartphone for high class people. Saya suka bentuknya yang batangan lurus tidak gendut ke samping seperti mas Samsul.

Layar Lenovo S890

Layar 5 inci yang dimiliki Lenovo S890 pas untuk ukuran saya karena muat di kantong baju maupun celana. Layar tidak terlalu besar sehingga penggunaan dengan satu tangan pun masih nyaman, juga tidak terlalu kecil sehingga browsing maupun menonton video lumayan puas. Layar 5 inci Lenovo S890 dengan kerapatan ~220 pixel density bahkan mengalahkan HP merk lain yang lebih mahal seperti Samsul Grand Duos (~187 ppi pixel density).

Kinerja Lenovo S890

Mengusung Processor Dual-core 1.2 GHz Cortex-A9 yang dipadukan dengan RAM 1 Gb, Lenovo S890 tidak menemui kendala saat menjalankan banyak aplikasi (multitasking) maupun memainkan game HD. Salah satu game yang saya coba mainkan di Lenovo S890 adalah FIFA 2014 dan berjalan lanjay … alias lancar jaya masbrow.

Kamera Lenovo S890

Memotret objek menggunakan kamera belakang Lenovo S890 yang memiliki resolusi 8 Mega Pixel menghasilkan kualitas foto yang tidak mengecewakan baik digunakan di siang hari maupun di malam hari dan di dalam maupun di luar ruangan karena kamera telah disertai lampu flash, autofocus, touch focus, face detection, dan geo tagging. Adapun kamera depan hanya beresolusi VGA yang bisa dipakai untuk video calling. Urusan video recording, kamera belakang Lenovo S890 mampu merekan video dengan kualitas HD 720 p.

Aplikasi Lenovo S890

Aplikasi bawaan Lenovo S890 tidak terlalu banyak seperti Android merk lain, contohnya Android keluaran mas Samsul yang saya rasa banyak aplikasi bawaannya dan kadang kita tidak butuh aplikasi-aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi di Lenovo S890 seperti Facebook, SugarSync, game, dll bahkan tidak disimpan di system sehingga bisa dihapus tanpa root bila kita tidak membutuhkannya.

Apalagi ya?? masih banyak sih kelebihan Lenovo S890 yang saya rasa sampai saat ini. Poko e mantep dah S890 ini.

Kekurangan Lenovo S890

Selain kelebihan, ada juga beberapa kekurangan dari Lenovo S890 menurut ane antara lain:

  • Meski dual SIM, hanya SIM 1 yang support 3G, adapun sim 2 hanya GPRS/EDGE
  • Tutup batre terlalu glossy (mengkilap) sehingga mudah tergores dan bahannya pun dari plastik yang rawan retak (bukan dari metal)
  • Kekurangan lain yang umum dimiliki pada smartphone.

Beberapa kekurangan diatas bisa di akali lho, misalnya jadi bisa dual 3G. Caranya? nanti dilanjut pada posting selanjutnya.

Sebenarnya masih banyak yang ingin saya ungkapkan tentang Lenovo S890, namun karena ‘durasi’ mungkin cukup sekian dulu. Semoga bermanfaat buat yang baca, yang lagi bingung mau beli HP apaan, yang lagi galau, atau yang lagi apa aja…

Eh, satu lagi. Sebagai blogger, tentunya smartphone secanggih Lenovo S890 mesti di manfaatkan secara maksimal. Beberapa hari lalu saya pernah coba membuat posting blog ini langsung dari Lenovo S890 dan hasilnya bisa di baca pas artikel berjudul Posting Blog via WordPress for Android.

Wassalam, Salam LE90

 

Incoming search terms:

tags: , , , , , , , ,